Sabtu, 26 Maret 2016

Berapa uang Yang Blogger Dapat Dari Blogging ?

cara mendapat uang online,pendapatan blogger

Berapa uang yang blogger dapat dari blogging? Pertanyaan yang sering muncul di benak blogger pemula seperti saya. Jawaban atas pertanyaan tersebut sulit didapat karena tidak ada data pasti tentang hal tersebut. Tidak seperti data pendapatan seorang pejabat atau pimpinan perusahaan yang dengan mudah diketahui. Dari berbagai sumber dari luar maupun dalam negeri saya kategorikan menjadi tiga yaitu tinggi, sedang, dan rendah.Sebagian besar data yang diperoleh adalah hasil jajak pendapat sehingga validitasnya masih perlu dikaji lagi.
Sebagian besar blogger bukan blogging full time (menjadikan blogging sebagai pekerjaan dan sumber pendapatan utama) tapi hanya pekerjaan tambahan. Beragam tujuan dari tiap blogger, ada yang membuat blog untuk menuangkan minat/ketertarikan dalam bidang tertentu dan mendapatkan uang extra sebagai bonusnya. Hanya seperempat blogger yang mengatakan motivasi utama membuat blog adalah untuk sumber pendapatan utamanya. 
Dari 10 orang,  7 orang memperoleh sedikit atau bahkan tidak memperoleh uang dari blogging, 2   orang memperoleh uang tambahan yang cukup, 1 orang memperoleh uang yang cukup minimal untuk kebutuhan hidup standar. Gambaran ini saya simpulkan dari berbagai artikel baik dari luar maupun darii dalam negeri.
Pendapatan dari aktifitas blogging didapat dari berbagai cara :
1. Pemasangan iklan 
2. Iklan program affiliasi sendiri
3. Pembayaran member
4. Jasa Konsultasi/pelatihan/
5. Penjualan produk digital maupun fisik.
Pemasangan iklan dari google adsense adalah cara yang paling populer bagi blogger untuk mendapatkan uang. Selain google adsense ada beberapa situs lain seperti accesstrade.com, adhits, laian-lain. Kita juga bisa mempromosikan program affiliasi yang kita ikuti dengan tujuan memperoleh referral buat program kita, ada juga blog yang menarik bayaran kepada membernya. Kalau kita mempunyai keahlian tertentu bisa juga menawarkan jasa konsultasi atau pelatihan lewat blog, mis. pelatihan membuat website, pelatihan SEO dan sebagainya. Penjualan produk milik sendiri lewat blog juga bisa dilakukan dengan syarat utama kepercayaan konsumen terhadap integritas dan kejujuran anda.

Dari Hobi Menuju Profesional

Jika anda ingin beralih menjadi blogger pro anda harus bersedia bekerja keras, fokus, kalau perlu investasi untuk pelatihan/training.  Perlu waktu yang lama untuk menjadikan blog anda sebagai ladang uang. Seberapa lama dan seberapa banyak uang yang bisa didapat tergantung dari konten blog, market niche anda,
serta bagaimana cara anda memonetize blog anda.
Ada satu  pertimbangan yang lebih penting untuk faktor profitabilitas suatu blog. Bahkan bila blog anda tidak mendapatkan sepeserpun uang dari iklan anda masih bisa mendapatkan income yang tinggi dari blog anda. 
Berikut ini alasannya: 
Berikut ini alasannya: Anda dapat menggunakan blog Anda sebagai platform untuk membangun merek Anda, yang pada gilirannya akan menarik orang-orang untuk membeli produk dan jasa Anda. Beberapa blogger memonetize blog mereka dengan menarik biaya konsultasi, penjualan produk digital, kerja freelance, penawaran buku dan bahkan tawaran pekerjaan.
Tips Untuk Profitable BloggingBerikut adalah tips dalam meluncurkan blog dan mendapatkan uang::1. Buatlah blog tentang topik yang Anda sukai. Pilihan terhadap topik yang disukai sangat penting untuk kelanjutan dari blog yang akan dibuat. Bagaimana kita akan menulis sesuatu yang kita tidak sukai? Jelas kita akan bosan dan akhirnya memilih jalan copy paste dan pada akhirnya konten blog menjadi tidak berkualitas.
Kebanyakan blogger memposting setidaknya beberapa kali seminggu atau mungkin posting setiap hari untuk terus membangun traffic ke blog mereka. Mulailah dengan rasa suka dan tuliskan secara alami. Kemurnian tulisan dalam blog akan membedakan blog anda dari kompetitor dan akhirnya lebih kompetitif..
2. Tuliskan sesuatu yang terabaikan oleh media/blog lain. Salah satu cara terbaik keluar dari mainstream massa dan memonetize blog adalah menulis tentang sesuatu yang orang tertarik, tapi  media lain pada umumnya mengabaikan hal tersebut. 
Melihat pertumbuhan internet di Indonesia yang pesat ada baiknya menengok potensi lokal karena potensi lokal kemungkinan masih belum banyak dibahas di media lain.
3. Tingkatkan skill fotografi Anda dan keterampilan sosial media. Dalam beberapa tahun terakhir, blogging telah menjadi media yang semakin visual. Akibatnya, platform sosial visual yang seperti Pinterest, Instagram dan Vine mengarahkan traffic ke blog. Akibatnya, blogger perlu belajar dan mengembangkan fotografi yang kuat, editing gambar dan keterampilan sosial media.4. Jalin hubungan dengan blogger lain. Aktifitas blogging kadang terasa mengisolasi kita  tetapi dengan menjalin hubungan dengan blogger lain baik lewat online maupun pertemuan langsung akan sangat membantu perkembangan blog kita. Mungkin anda bisa berbagi konten, saling mempromosikan dan menawarkan dukungan dengan blogger lain.5. Berinvestasi dalam pelatihan metode yang terbaru. Perkembangan dunia internet baik hardware maupun software sangat penting bagi para blogger. Perkembangan kedepan visual blog akan berpengaruh. Ternyata banyak traffic yang berasal dari search engine gambar. Orang lebih tertarik dengan gambar daripada tulisan. Walaupun pada saat ini google tidak menyukai blog yang kaya akan gambar tetapi sumber traffic dari media sosial seperti facebook maupun twitter berasal dari tampilan gambar yang menarik.
Kelak jika search engine sudah bisa membaca gambar maka blog visual akan sangat berkembang. 
Saya harap ini sebagai gambaran yang realistis bagi ekspetasi/harapan pendapatan anda dari blog.  Beberapa blogger akan berhasil dan 70 % dari mereka akan membuat blog dan meninggalkannya 2 bulan kemudian.

Menilai sebuah blog seperti wanita menilai suaminya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar